Langsung ke konten utama

SWAMEDIKASI DIARE


SWAMEDIKASI DIARE

Diare dapat menyebabkan kondisi yang tidak nyaman bagi seseorang atau bahkan mengganggu kelangsungan kegiatan sehari-hari. Diare merupakan kondisi terjadinya buang air besar menjadi lebih sering, berbeda dengan frekuensi buang air besar harian seperti biasanya. Selain itu feses juga menjadi encer atau cair dan pada beberapa kasus dapat juga dialami sakit/kejang perut, demam, dan muntah. Diare yang berlangsung kurang dari 14 hari disebut diare akut dan diare persisten biasanya berlangsung lebih dari 14 hari. Sedangkan diare yang berlangsung lebih dari 30 hari merupakan diare kronik. Diare akut juga dapat timbul dengan gejala feses yang berdarah atau berlendir yang lebih dikenal sebagai disentri.

Diare dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya infeksi bakteri/virus/parasit melalui makanan atau minuman yang kurang higienis (dapat diketahui dengan adanya demam dan pemeriksaan lebih lanjut). Jika seseorang terkena diare akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang higienis saat berkunjung ke suatu tempat maka diare itu disebut travellers diarrhea. Selain itu diare juga dapat disebabkan ansietas (rasa cemas), keracunan, konsumsi susu atau produk susu pada orang yang kekurangan enzim laktase (yaitu enzim yang menguraikan zat gula laktosa yang terkandung dalam susu), konsumsi obat-obatan tertentu, atau adanya kondisi penyakit akut atau kronik lain yang dapat memicu kondisi diare.

Diare persisten, diare kronik, diare pada pasien yang sedang hamil, diare yang disertai feses yang berdarah/berlendir (disentri), diare pada anak <6 tahun, dan diare yang sebabkan dehidrasi berat harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum dilakukan pengobatan yang tepat. Sedangkan diare akut yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri/virus/parasit, konsumsi obat tertentu, atau kondisi penyakit tertentu dapat diatasi melalui swamedikasi yaitu pengobatan sendiri oleh pasien dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu pada apoteker di apotek terdekat.

Diare seringkali dianggap sebagai penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi berdasarkan data WHO, diare menyebabkan 760.000 kematian pada anak dibawah lima tahun7. Begitupun di Indonesia, diare merupakan penyakit endemis dengan angka kesakitan 214 per 1000 penduduk untuk semua kelompok umur serta 900 per 1000 penduduk untuk balita. Bahkan diare menjadi penyebab kematian nomor satu bagi balita dan nomor empat bagi semua kelompok umur berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2007.

Diare yang sesekali memang tidak berbahaya namun diare yang menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) dapat membahayakan dan menimbulkan kematian terutama pada anak atau bayi. Gejala dehidrasi yaitu haus, jarang buang air kecil, urin berwarna gelap, kulit kering, lemas, dapat juga disertai dengan penurunan berat badan. Gejala dehidrasi ringan-sedang pada anak yaitu gelisah, rewel, mata cekung, mulut kering, sangat haus, kulit kering, sedangkan gejala dehidrasi berat pada anak yaitu lesu, tak sadar, mata sangat cekung, mulut sangat kering, malas atau tidak bisa minum, kulit sangat kering.

Jika dehidrasi ini masih tergolong ringan sampai sedang (belum sampai seseorang tak sadar, pusing, dan sakit perut yang parah), maka yang paling penting adalah memberikan cairan elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare (rehidrasi). Selain rehidrasi, dapat dimulai pemberian obat diare secara swamedikasi seperti yang telah dijelaskan diatas. Dalam mengatasi diare yang perlu diketahui adalah bahwa diare biasanya membaik dalam waktu 1-2 hari. Jika setelah rehidrasi dan pemberian obat secara swamedikasi, diare belum membaik maka sebaiknya langsung dikonsultasikan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Bagaimana cara melakukan rehidrasi?
Pemberian oralit untuk rehidrasi disarankan sebagai berikut:
·         Untuk pasien yang belum menunjukkan gejala dehidrasi, oralit diberikan setiap buang air besar sebanyak 100 ml (untuk usia kurang dari 11 bulan), 200 ml (untuk usia 1-4 tahun), dan 300 ml (untuk usia lebih dari 5 tahun) dengan tujuan mencegah dehidrasi.
·         Untuk pasien yang telah menunjukkan gejala dehidrasi, oralit diberikan sebanyak 300 ml (untuk usia kurang dari 11 bulan), 600 ml (untuk usia 1-4 tahun), dan 1,2 L (untuk usia lebih dari 5 tahun) selama 3 jam pertama sedangkan selanjutnya diberikan 100 ml (untuk usia kurang dari 11 bulan), 200 ml (untuk usia 1-4 tahun), dan 300 ml (untuk usia lebih dari 5 tahun) setiap buang air besar untuk mengatasi dehidrasi.
·         Untuk anak kurang dari dua tahun berikan sedikit demi sedikit secara terus menerus hingga habis, jika muntah maka tunggu 10 menit dan berikan tetes demi tetes agar anak tidak menolak.
·         Untuk bayi yang masih menyusui, berikan ASI/susu formula yang lebih banyak.
·         Dapat juga diberikan tablet zinc untuk mencegah dehidrasi dan sebagai terapi pelengkap oralit pada anak. Tablet zinc ini dapat diberikan sebanyak 10 mg (setengah tablet) per hari untuk umur kurang dari 6 bulan dan 20 mg (1 tablet) per hari untuk umur lebih dari 6 bulan. Tablet zinc diberikan dengan dikunyah atau dilarutkan dalam satu sendok air matang atau asi. Tablet zinc harus tetap diberikan selama 10 hari walaupun diare telah berhenti. Tablet ini dijual sebagai obat bebas, contohnya tersedia dalm merek interzinc, L-zinc, orezinc, zanic, zincare, zinc, zincpro, zirea, zirkum kid, Zn-Diar.

Perlu diingat bahwa oralit bukanlah pengganti obat namun hanya bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Contoh dari produk oralit yang tersedia di pasaran yaitu dehydralyte dan Oralit 200 yang berisi campuran gula, garam, natrium, dan kalium. Jika tidak tersedia produk oralit, maka kita dapat membuat larutan oralit sendiri dengan mencampurkan 40 g gula + 3,5 g garam yang dilarutkan dalam 1 liter air mendidih yang telah didinginkan.

Apa saja pilihan obat yang dapat digunakan sebagai swamedikasi diare? Dan bagaimana kerja obat tersebut?
Obat diare bukan ditujukan untuk menyembuhkan diare (kuratif) tetapi sebagai usaha untuk mengurangi keparahan diare (paliatif). Obat diare yang dapat digunakan untuk swamedikasi yaitu tablet norit, kaolin, pektin, atau attapulgit yang bekerja dengan mengurangi frekuensi buang air besar, memadatkan feses, menyerap kelebihan air dan toksin penyebab diare. Obat-obat tersebut tidak diperbolehkan untuk anak dibawah 5 tahun. Adapun di luar negeri, loperamid dapat digunakan untuk keperluan swamedikasi karena sudah termasuk obat bebas. Sedangkan di Indonesia sendiri loperamid masih tergolong obat keras sehingga hanya dapat diperoleh melalui resep dokter. Loperamid bekerja dengan meningkatkan kontak antara feses dengan dinding usus sehingga air yang diserap oleh usus dari feses meningkat dan meningkatkan kekentalan feses.

Apa saja contoh obat swamedikasi diare?
Contoh obat yang tersedia di pasaran yaitu biodiar dan iodiar (mengandung attapulgit), opidiar, dianos, dan neo kaolana (mengandung kaolin pektin), entrostop dan arcapec (mengandung attapulgit pektin)4. Selain itu dapat juga digunakan obat seperti diapet yang mengandung ekstrak daun jambu biji.

Dimana kita bisa memperoleh obat swamedikasi diare?
Obat yang mengandung norit, kaolin, pektin, atau attapulgit memiliki logo obat bebas yaitu bulatan berwarna hijau yang dibatasi dengan garis lingkaran hitam. Obat ini dapat diperoleh di apotek terdekat dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan apoteker agar dijelaskan lebih lanjut mengenai obat tersebut dan memaksimalkan pengobatan. Adapun dosis yang tersedia yaitu biasanya tablet norit 250 mg serta kombinasi 600 mg untuk kaolin/attapulgit dan 50 mg untuk pektin.

Kapan kita harus meminum obat swamedikasi diare?
Obat kaolin, attapulgit, pektin dapat dikonsumsi 1 tablet setiap buang air besar dengan konsumsi maksimum 12 tablet per hari untuk orang dewasa atau maksimum 6 tablet per hari untuk anak 6-12 tahun. Obat tersebut tidak boleh dikonsumsi jika seseorang diare dengan disertai demam, perlu terhindar dari kondisi konstipasi/sembelit, memiliki obstruksi usus, dan atau alergi terhadap obat tersebut. Adapun tablet norit 250 mg dikonsumsi 3-4 tablet tiga kali dalam sehari atau setiap 8 jam.

Berapa lama kita diperbolehkan mengonsumsi obat swamedikasi diare?
Obat kaolin, attapulgit, pektin seperti yang telah dijelaskan diatas hanya boleh dikonsumsi selama dua hari. Jika setelah dua hari diare belum membaik maka sebaiknya swamedikasi diare dihentikan dan dilakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Apa saja efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat swamedikasi diare?
Obat kaolin, attapulgit, pektin dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit sebagai efek samping.

Apakah wanita hamil diperbolehkan mengonsumsi obat swamedikasi diare?
Penggunaan obat antidiare tanpa resep tidak cocok untuk digunakan selama kehamilan sehingga wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum dilakukan pengobatan diare yang tepat.

Apa sajakah yang perlu diperhatikan selain melakukan rehidrasi dan mengonsumsi obat swamedikasi diare?
Sebaiknya berhenti makan dan fokus pada pemberian cairan elektrolit, setelah itu secara perlahan-lahan makanan dikonsumsi seperti biasa kembali dalam beberapa hari. Adapun makanan yang diperbolehkan sebaiknya makanan yang mudah dicerna seperti biskuit, makanan yang tidak berlemak, makanan tidak pedas, makanan tidak tinggi gula. Hindari makanan padat atau sebaiknya makan makanan yang tidak berasa seperti bubur, roti, pisang, selama 1-2 hari.  Selain itu juga perlu menghindari minuman bersoda karena dapat memperberat kondisi diare, begitu juga dengan alkohol, kopi, teh, susu (kecuali pada bayi).

Apa sajakah yang dapat dilakukan untuk mencegah diare?
Cucilah tangan dengan baik setiap habis buang air besar dan sebelum menyiapkan makanan, tutuplah makanan untuk mencegah kontaminasi dari lalat, kecoa dan tikus, simpanlah secara terpisah makanan mentah dan yang matang, simpanlah sisa makanan di dalam kulkas, gunakan air bersih untuk memasak, air minum harus direbus terlebih dahulu, buang air besar pada jamban dan menjaga kebersihan lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Droplet Countercurrent Chromatography

TUGAS MAKALAH DROPLET COUNTERCURRENT CHROMATOGRAPHY Dosen pengampu: Fitria susilowati., S.pd., M.sc Disusun oleh: Desta Astarina Saputri Toasa NIM: 35.2014.7.1.0955 PROGAM STUDI FARMASI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR NGAWI 2018 BAB I PENDAHULUAN        I.             Latar belakang Kromatografi adalah suatu istilah umum yang digunakan untuk bermacam-macamteknik pemisahan yang didasarkan atas partisi sampel diantara suatu fasa gerakyang bisa berupa gas ataupun cair dan fasa diam yang juga bisa berupa cairanataupun suatu padatan. Penemu Kromatografi adalah Tswett yang pada tahun 1903,mencoba memisahkan pigmen-pigmen dari daun dengan menggunakan suatu kolomyang berisi kapur (CaSO4). lstilah kromatografi diciptakan oleh Tswett untukmelukiskan daerah-daerah yang berwarna bergerak kebawah kolom. Pada waktuyang hampir bersamaan, D.T. Day juga menggunakan kromatografi unt

On The Way Go Home

On The Way (otw) Go Home Masih seputar ceritaku about Briton International English School Kendari Setelah menyelesaikan jadwal masuk kelas bimbel English di Briton international English shcool, aku segera berjalan menuju angkot yang sedang menunggu para penumpang terakhirnya coz biasanya mulai jam 9 malam ke atas tuh angkot yang menuju arah rumahku udah jarang banget,,,that’s way aku gak pernah berleha-leha klo berjalan maklum setiap malam harus memburu angkot,, pokoknya setiap malam perjalananku sepeti ini kecuali ada kakak yang bisa menjemput klo gak ada yah harus selalu siap untuk naik angkot lagi  ,,klo ana sih gak khawatir yang penting berani aja tapi yang paling anehnya malah mama aku yang khawatir banget hihi,,aduh maklum lah anak cewek sendiri terakhir pula hmhm gimana gak mau khawatir coba,,ok kembai ke ceritanya !!! Alhamdulillah finally I found public transportation hmhm lelahnya harus berjalan tuk beberapa meter yah itung-itung buat olahragalah biar sehat hehe bt

Makalah Kanker Lidah

TUGAS PATOLOGI MAKALAH KANKER LIDAH Dosen pengampu: Andi Himyatul Hidayah, S. Si, Apt     Disusun oleh: Desta Astarina Saputri Toasa 35.2014.7.1.0955 PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR 2017 DAFTAR ISI Daftar isi ……………………………………………………………………………i BAB I: PENDAHULUAN 1.1   Latar belakang…………………………………………………………………...1 1.2   Tujuan……………………………………………………………………………2 BAB II: PEMBAHASAN 2.1     Definisi…………………………………………………………… .... ……….....3 2.2     Etiologi………………………………………………………………………….3 2.3     Manifestasi klinis………………………………………………………….........4 2.4     Patofiologi……………………………… .... …………………………....………6 BAB III: PENUTUP 3.1 Kesimpulan………………………………………………………………………8 Daftar pustaka……………………………………………………………….……..9 BAB I                                                PENDAHULUAN 1.1   Latar belakang             Kanker adala